Iklan Chitika All kolom

Selasa, 30 Juni 2015

Bahaya Begadang dan Kurang Tidur

Apa anda sering tidur larut malam? Atau mungkin, anda suka begadang?
Jika memang begitu, mungkin ada baiknya jika anda mempertimbangkan kembali kebiasaan tersebut.
Berbagai penelitian di dunia telah dilakukan untuk menganalisa akibat dari kurang tidur. Dan ternyata kurang tidur ini memang memiliki banyak sekali dampak negatif untuk kita. Beberapa diantaranya adalah :

  • Mengganggu berbagai fungsi tubuh. Mungkin anda belum tau, tapi ada beberapa fungsi tubuh yang hanya bisa bekerja optimal saat kita tertidur. Organ-organ yang berhubungan dengan tugas ini biasanya bekerja pada 22.00 s/d 04.30. Penulis sendiri tidak begitu ingat organ apa saja yang terlibat, tapi penulis yakin ginjal dan hati termasuk kedalamnya. Keduanya akan bekerja keras untuk membersihkan dan mengeluarkan racun dari tubuh kita. Karena itu jika kita sakit, terkadang istirahat dan tidur lebih awal memang merupakan obat yang terbaik 
  • Penurunan performa, stress dan membuat anda mudah tersinggung. Tergantung seberapa parah anda mengalami kurang tidur, anda bisa mengalami penyakit sensi ini seharian penuh. Bahkan bisa disertai penurunan mood yang drastis. Andapun akan sulit konsentrasi dan semakin sering membuat kesalahan saat bekerja.
  •  Membuat anda mudah terserang penyakit. Terutama jika disekitar anda ada orang yang sedang sakit, atau jika memang sedang pergantian musim.
Tapi jika kita memang terpaksa harus tidur larut malam, maka kita bisa mengganti waktu tidur kita yang sangat berharga itu dengan tidur di siang harinya. Hal ini telah terbukti bisa membantu anda untuk terbangun dan mengembalikan konsentrasi anda sampai di akhir hari. Sekalipun anda hanya tidur siang selama 15 menit.

Ya, itu saja untuk hari ini. Penulis juga jadi ingin cepat-cepat tidur XD
Sampai bertemu di postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar