Iklan Chitika All kolom

Rabu, 17 Juni 2015

Tips & Trick Menyambut Bulan Ramadhan

Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan. Indonesia sendiri akan memasuki bulan suci yang penuh rahmat dan kasih sayang ini pada hari Kamis, 18-Juni-2015.

Untuk menyambut bulan yang suci ini, ada baiknya kita membuat persiapan-persiapan khusus agar kita dapat melaluinya dengan baik. Salah satu persiapan yang harus kita lakukan adalah mengenai puasa, dimana ibadah yang satu ini adalah ibadah khusus yang hanya ada di bulan ramadhan ini saja, sama halnya dengan shalat tarawih. Karena itu akan baik sekali jadinya kalau kita bisa melaksanakan keduanya dengan sempurna.

Biasanya kita akan memulai bulan ini dengan semangat dan keinginan yang kuat untuk beribadah. Tapi biasanya menjelang akhir bulan semangat kita akan turun drastis dan digantikan oleh rasa malas yang luar biasa kuat(pengalaman admin ^///^).  Nah, agar semangat kita bisa bertahan terus dari awal sampai akhir, saya ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian gunakan.

Pertama, buat target yang jelas yang ingin anda capai dan tulis di kertas lalu tempelkan di dinding kamar anda(atau di tempat yang bisa anda lihat dengan mudah). Tujuannya agar anda teringat dengan tujuan itu dan tidak lupa.

Kedua, buat jadwal kegiatan yang ingin anda lakukan selama bulan ramadhan dan tempel di dinding seperti kertas target sebelumnya. Misalnya, anda tulis pada jam 18.10 anda akan membaca alquran. Lalu anda tulis lagi pada jam 19.00 anda akan shalat tarawih di masjid. Nah, setelah anda tulis begitu katakan pada diri anda ini bukan janji anda dengan siapapun, tapi ini adalah komitmen diri anda sendiri. Ini adalah keputusan anda yang tidak ada hubungannya dengan orang lain. Apapun komentar orang, itu tidak akan merubah niat anda untuk beribadah. Lalu ingat, betapa sibuknya pun anda, tetap jalankan apa yang telah anda tulis itu. Sekalipun hanya 1 ayat alquran yang anda baca, itu sudah bagus.

Ketiga, selalu ingat bahwa Allah swt. selalu bersama kita dan senantiasa mengawasi kita. Karena segala macam cobaan dan godaan pasti akan menghampiri kita. Karena itu selalu ingat hal ini untuk membentengi diri kita dari cobaan dan godaan yang ada.

Keempat, ingat manfaat dan fungsi dari ibadah-ibadah kita. Misalnya, ingat bahwa puasa itu bukan sekedar menahan rasa lapar dan haus saja. Tapi dengan puasa itu kita diajarkan untuk bersabar dan kita diajarkan untuk merasakan rasa lapar yang dialami saudara-saudara kita yang kurang beruntung.

Kelima, ikhlas dalam menghadapi semua hal yang terjadi dalam hidup anda. Jalani bulan ini dengan penuh keikhlasan. Agar setelah bulan yang suci ini berlalu pun, anda menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Ya, itulah tips-tips menyambut bulan ramadhan dari saya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Sobat mungkin punya tips-tips lain? Boleh dong di share tipsnya agar kita semua bisa melalui bulan ramadhan ini dengan baik ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar