Iklan Chitika All kolom

Senin, 29 Juni 2015

Tips Berjogging

Jogging. Ya, olahraga yang dulu sering sekali membuat penulis kewalahan tidak karuan. Olahraga ini sebenarnya sangat sepele, tapi saat itu penulis terlalu menyepelekannya sehingga jogging yang penulis lakukan bukannya menyehatkan, justru malah membahayakan. Karena itu penulis akan menshare sedikit tips untuk berjogging yang baik.

1) Bernafaslah dengan pernafasan perut. Kenapa? Karena volume udara yang masuk akan lebih besar dibanding dengan nafas dada. Sehingga otak dan anggota tubuh lainnya tidak akan kekurangan oksigen saat kalian berlari.

2) Gunakan nafas pendek-cepat. Karena pernafasan ini akan mempercepat detak jantung dan mempercepat sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sebaliknya, nafas yang panjang dan lambat akan merilekskan tubuh termasuk jantung dan hal itu tentu harus dihindari saat melakukan olahraga ini.

3) Atur tempo dan kecepatan jogging kalian. Kalau bisa se-stabil mungkin.

4) Jangan terlalu dipaksakan. Dengarkan tubuh anda, apabila anda memang benar-benar merasa sudah harus berhenti maka berhentilah. Istirahatkan tubuh anda meskipun sebentar. Anda tentu tidak ingin mendapati diri anda tidak bisa berjalan di kemudian harinya bukan?

5) Gerakkan tangan seperlunya dan serileks mungkin. Jangan terlalu berlebihan maupun kekurangan. Cari titik tengah yang menurut anda paling nyaman. Ini juga membantu menjaga keseimbangan dan anda saat berlari.

6) Atur pusat gravitasi saat berlari. Ini untuk mencegah stress berlebih pada salah satu kaki (biasanya kanan) karena pusat gravitasi yang salah.

Itu saja tips dari penulis. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih atas perhatiannya. Sampai jumpa di lain waktu~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar