Iklan Chitika All kolom

Senin, 22 Juni 2015

Belajar Programming di Codecademy.com

Hari ini lagi-lagi hal yang mengejutkan terjadi. Penulis mendapat kabar bahwa penulis telah ditunjuk sebagai ketua divisi website di ekskul IT Club yang penulis ikuti. Yang aneh adalah, penulis yakin seyakin-yakinnya bahwa divisi penulis itu divisi multimedia. Penulis tidak pernah cepu ataupun pindah divisi(lagipula setau penulis, divisi yang diikuti anggota tidak bisa diganggu-gugat jika telah masuk). Entah apa alasan mereka memilih penulis yang bahkan tidak menguasai satupun bahasa pemrograman.

Dan begitulah, penulis pun mulai mencari-cari di google tempat penulis bisa belajar programming. Hingga akhirnya penulis menemukan situs codecademy ini.

Situs ini menawarkan metode pembelajaran yang interaktif dan sangat mudah diikuti oleh pemula seperti saya. Bahasa pemrograman yang bisa anda pelajari di codecademy ini meliputi HTML & CSS, Ruby, jQuery, Python, PHP, dan Javascript. Masing-masing dari bahasa pemrograman ini berperan sangat besar dalam sebuah website, mulai dari pembentukan struktur, memperindah desain web, manipulasi data & objek, membuat website yang interaktif, dsb. Bisa menguasai salah satu saja penulis yakin akan sangat bermanfaat untuk penulis nantinya.

Berikut screenshot yang penulis ambil dari salah satu sesi pembelajaran HTML & CSS

- Yang diberi border merah adalah instruksi kerja kita. Disana ditulis informasi-informasi penting yang harus kita pahami untuk menyelesaikan tantangan pada setiap sesinya. Seperti code apa yang bisa digunakan, fungsi dari code itu, dsb. Instruksi ini sepertinya sengaja dibuat tidak begitu lengkap step-by-stepnya agar kita berpikir sendiri.
- Yang penulis beri border biru adalah meja kerja kita, disanalah tempat kita menulis code-code yang tepat sesuai dengan instruksi sesi ini.
- Yang diborder hijau adalah preview atau hasil akhir yang akan terlihat dari keseluruhan code di border biru.

Selain metode pembelajarannya yang interaktif, kita juga bisa berkunjung ke forum tanya-jawab apabila kita punya pertanyaan atau menemukan kesulitan. Kita juga dapat membaca glossary yang mencakup lengkap semua informasi tentang code-code kita gunakan.

Itu saja untuk hari ini, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kita semua. 
Kurang dan lebihnya mohon maaf. Sampai bertemu di postingan selanjutnya~ ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar