Iklan Chitika All kolom

Jumat, 19 Juni 2015

Cara Mudah Menanamkan Kebiasaan

***Update [Post ini adalah postingan lama, versi baru yang lebih jelas bisa diliat disini ***

Seperti yang kita tau. kebiasaan seseorang sangat menentukan kehidupan orang tersebut. Mulai dari cara dia melihat dunia, pola pikirnya, kepribadiannya, dan sebagainya. Bahkan kebiasaan ini bisa dikatakan sangat menentukan sukses atau tidaknya seseorang. Kebiasaan baik akan berakibat baik pula untuk orang itu, sebaliknya kebiasaan buruk bisa merusak, bahkan menghancurkan hidupnya.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kita meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk kita dan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan baik. Berikut penulis akan memberikan cara mudah untuk menanamkan kebiasaan baik pada diri kita.

Untuk membentuk kebiasaan dengan mudah, maka yang harus dilakukan adalah meletakkan kebiasaan baru yang ingin kita tanamkan itu tepat setelah kebiasaan lain yang sudah ada. Rumusnya setelah [kebisaan lama], saya akan [kebiasaan baru]. Contoh, setelah sarapan, saya akan mandi pagi. Contoh lainnya, setelah saya mandi sore, saya akan ngeblog :v dsb.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah, jangan merasa terbebani dengan semua ini. Dan juga jangan terlalu termotivasi. Keduanya boleh jadi akan menghambat terbentuknya kebiasaan baru anda. Motivasi tidak begitu diperlukan, karena nantinya kita akan sulit menjalankan kebiasaan baru itu dengan sendirinya (secara tidak sadar/alami seperti halnya bernafas).

Lakukan secara rutin dan kebiasaan baru anda pun akan terbentuk. Apa tandanya kalau sudah terbentuk? Tanda yang paling terasa adalah rasa tidak nyaman yang akan menghantui jika anda tidak melakukan/meninggalkan kebiasaan anda itu :v

Ya, sekian untuk hari ini.
Kalau ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan silahkan tulis di komentar.
Sampai bertemu di lain waktu~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar