Iklan Chitika All kolom

Rabu, 01 Juli 2015

Cara Menghilangkan Insomnia


Insomnia. Apa anda pernah mengalami penyakit susah tidur ini? Jika pernah tentu anda telah merasakan penderitaan orang yang terkena penyakit ini (T_T). Penulis sendiri sempat mengalaminya dan langsung tersadar atas kengerian sesungguhnya dari insomnia ini.
Kali ini penulis akan membagikan sedikit tips yang bisa digunakan untuk menghilangkan insomnia dari kehidupan malam kalian :v
  1. Matikan semua lampu beberapa saat sebelum anda pergi tidur. Ini membantu otak anda menerima informasi bahwa memang sudah waktunya untuk tidur. Ini juga akan membantu mata anda yang memang sudah lelah setelah seharian bekerja untuk istirahat. 
  2. Olahraga kecil (Push-up, Sit-up, dsb). Jika dilakukan dengan benar, ini akan membuat tubuh anda merasa lelah dan membuat anda lebih mudah tidur. Yang harus anda perhatikan adalah, beri jarak waktu yang cukup panjang dari waktu anda berolahraga sampai di waktu anda memutuskan untuk tidur (+- 30 menit). Karena segera setelah olahraga tubuh anda akan memproduksi banyak adrenalin, sehingga anda terlalu bertenaga untuk tidur. 
  3. Minum air secukupnya sebelum tidur. Ini akan mencegah kekurangan cairan karena berkeringat saat anda tertidur, serta membantu kinerja fungsi tubuh anda secara keseluruhan.
  4. Jangan menyetel musik. Mungkin sebagian dari anda akan berpendapat musik membantu anda tertidur. Tapi sebenarnya otak kita tidak bisa istirahat karena terus-menerus memproses informasi yang masuk berupa "suara" dari musik tadi.  
  5. Lupakan sejenak masalah anda. Separah apapun masalah anda, kesampingkan dulu dan lupakan sejenak. Jangan pikirkan apapun dan pergi tidur. Terus menerus memikirkan masalah anda hanya akan mengganggu aktifitas lain anda, dan ini akan menyulitkan anda tidur. Kurang tidur bisa memperpendek umur, jadi kecuali memang urusannya sangat-sangat penting, tidak ada gunanya dengan sengaja memperpendek umur anda. 
  6. Minum susu hangat. Ini metode yang paling standar yang paling sering penulis temui. Entah kenapa setiap orang yang penulis tanya menyarankan hal ini. Untuk penulis pribadi sih hal ini tidak ada pengaruhnya, tapi mungkin ini bisa bermanfaat untuk insomnia anda. 
  7. Baca buku. Anda pernah kan iseng-iseng membaca buku di siang bolong dan mendapati diri anda terlelap seketika? Bahkan karena begitu seringnya mengalami hal ini penulis merasa bahwa ini tipu daya setan -_-. Mungkin itu benar, tapi selain itu fenomena ini juga bisa dibilang reaksi tubuh yang wajar. Ngga enak juga sama setannya kalo difitnah terus :x Jadi mungkin ngga ada salahnya anda coba pancing rasa kantuk dengan membaca. Hasil yang sama pun bisa anda peroleh dengan belajar, intinya apapun yang memaksa otak anda bekerja.
Itu saja pembahasan kita hari ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar