Iklan Chitika All kolom

Jumat, 03 Juli 2015

Tips & Trick Menjaga Kesehatan

Apa anda sering sekali sakit? Apa penyakit anda hadir dalam berbagai jenis dan variasi? Jika iya mungkin ada baiknya anda membaca tulisan mengenai cara menjaga kesehatan berikut ini.

Kenapa sih kita bisa sakit? Ada berbagai macam alasan kenapa kita bisa sakit. Dan dari berbagai macam alasan itu bisa dipersempit menjadi 4 sebab inti, yaitu infeksi, daya tahan tubuh yang lemah, pola makan dan terakhir pola tidur yang buruk.

Penyebab kita sakit 90%nya adalah karena daya tahan tubuh, pola makan dan pola tidur. Akan tetapi ketiga sebab ini bisa kita kontrol dan perbaiki. Sebaliknya infeksi memang tidak bisa sepenuhnya kita kontrol, tapi setidaknya kita bisa menjaga kebersihan diri kita dan kehigienisan benda-benda di sekitar kita.

Kalau anda sering sakit di musim tertentu atau di pergantian musim, mungkin ada yang salah dengan sistem immune anda. Cobalah untuk membiasakan olahraga setiap hari. Mungkin dengan lari pagi bersama atau bisa dengan bermain sepak bola, basket, tenis, dsb. Selain olahraga anda juga bisa coba berjemur setiap pagi untuk mendapatkan sinar mentari pagi yang menyehatkan. Atau dengan jalan santai di dini hari (sekitar waktu subuh).

Pola makan pun harus benar-benar diperhatikan. Akan jauh lebih baik jika anda makan secara teratur pada jam-jam tertentu daripada anda makan banyak tapi tidak teratur. Misal setiap hari anda hanya makan banyak di pagi hari dan malam sebelum tidur, jika terus dibiasakan maka wajar saja kalau anda berbagai macam penyakit. Jauh lebih baik jika anda makan sedikit tapi teratur. Anda cukup ingat perkataan ini "Makanlah sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang".

Tidur itu idealnya 8 jam dalam sehari. Meskipun penulis akui beberapa orang yang kegiatannya luar biasa padat dan selalu memeras otak sedemikian rupa bisa mendapatkan banyak manfaat dengan tidur lebih dari itu (asal jangan keterlaluan, lebih dari 12 jam/hari itu namanya malas). Kalau jam tidur anda tidak mencapai sekurang-kurangnya 5 jam/hari maka jangan heran kalau anda sering sakit.

Kalau memang sudah terlanjur sakit, jangan langsung beralih ke obat. Lebih baik menyembuhkan diri anda secara alami dengan memperbaiki empat serangkai itu, nanti juga anda akan sehat dengan sendirinya.

Udah ya, penulis takutnya ini post malah kepanjangan ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar