Iklan Chitika All kolom

Selasa, 01 Desember 2015

Cara Meraih Kebahagiaan Sejati

     Ok, setiap dari kita pasti ingin hidupnya bahagia. Hal ini sepertinya sudah menjadi rahasia umum di belahan dunia manapun.

     Nyatanya setiap orang punya definisi yang berbeda tentang kebahagiaan itu sendiri. Tapi pada akhirnya semua mengarah pada satu hal. Kebahagiaan = Kesuksesan. Dan kesuksesan disini adalah bergelimang harta. Hanya dengan meraih kesuksesan lah hidup kita akan bahagia. Kita percaya bahwa sukses adalah satu-satunya jalan yang kita miliki agar mendapat kebahagiaan. Tapi benarkah begitu? 

     Sebagian besar dari kita menghubungkan sukses dengan banyaknya harta yang kita miliki. Tapi apakah dengan harta yang banyak itu hidup kita akan bahagia? Jelas, dengan harta yang banyak kita bisa hidup nyaman dan memiliki segala yang kita inginkan. Tapi kalau kesuksesan dan kebahagiaan kita diukur dengan jumlah uang yang kita miliki, kita tidak akan bahagia dalam waktu yang lama. 

     Sama seperti semua hal di dunia ini, uang juga suatu saat akan musnah. Dan saat itu terjadi, mungkin sudah terlambat bagi kita untuk mensyukurinya. Dan kehidupan yang bertahun-tahun telah kita bangun pun hancur begitu saja. Kalau sudah begini jangankan bahagia, kita bahkan mulai percaya bahwa kita adalah orang paling menderita di bumi ini. Dan selama kita mempercayainya, itu akan jadi kenyataan.
     Bandingkan dengan kakek nenek kita yang tinggal di kampung, yang hidup dalam kesederhanaan dan hanya punya uang yang cukup untuk makan. Perhatikan, apakah mereka menderita? Sebaliknya, justru mereka lebih bahagia daripada siapapun. 

     Inilah kebahagiaan yang sebenarnya, ia tidak didapat dari luar. Tetapi dari dalam diri kita. Rasa syukur karena diberi rezeki untuk makan, rasa syukur karena ditemani oleh pasangan yang begitu ia cintai, karena masih diberi kesempatan bertemu dan bermain dengan anak cucu. Kebahagiaan ini selalu ada dalam diri kita, kita hanya perlu menyadari dan meraihnya. 

     Kita bisa mulai dengan membiasakan diri untuk mensyukuri hal-hal kecil yang terjadi di hidup kita setiap harinya, setiap jamnya, dan setiap menitnya. Amati hal-hal disekitar kita, mulai dari cuaca yang begitu indah, angin yang berhembus, nafas yang kita hirup, dsb. Dan perlahan tapi pasti, kita pun akan meraih kebahagiaan yang selalu kita impikan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar