Iklan Chitika All kolom

Rabu, 02 Desember 2015

Membiasakan Pola Makan Sehat

     Kita hidup di dunia yang serba maju. Baik itu dalam hal teknologi, hiburan, industri dan yang tidak kalah pentingnya, industri pangan. Industri pangan ini begitu menjamur hingga hampir tidak ada tempat yang terbebas dari mereka. Dari pabrik-pabrik besar di perkotaan, hingga usaha kecil-kecilan di pedesaan. Semua ini menandakan kemajuan kita umat manusia. Akan tetapi kali ini mari kita lihat pengaruh industri yang satu ini terhadap hidup kita.

      Kita sepakat bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga dengan masuknya makanan-makanan ringan, fast food, gorengan, french fries, popcorn, dsb. ke dalam hidup kita. Padahal kalau diperhatikan makanan ini hanya memiliki sedikit sekali manfaat untuk tubuh. Tapi rasanya yang begitu enak seakan menghipnotis kita untuk terus meminta lagi dan lagi. Sampai-sampai kita tidak menyadari bahwa ngemil ini sudah menjadi kebiasaan yang sulit sekali dihilangkan. Kalau begini terus, sangat boleh jadi kita akan kekurangan gizi-gizi penting yang dibutuhkan tubuh. Dan berbagai penyakit aneh pun akan mulai bermunculan.

      Nah, disinilah pentingnya kita merubah pola makan kita. Daripada banyak ngemil makanan-makanan seperti itu, lebih baik kita mulai menanamkan kebiasaan untuk ngemil sayur-sayuran dan buah-buahan. Bisa dimulai dengan yang mudah dicari seperti kacang-kacangan, wortel, mangga, jambu, dsb. Harganya pun tidak begitu jauh, bahkan sebagian lebih terjangkau.

      Pikiran yang sehat dimulai dari tubuh yang sehat. Kalau kita mulai menanamkan kebiasaan baru ini, bukan hanya kita akan hidup lebih sehat dan bugar, tapi kita juga pasti akan hidup lebih bahagia setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar